Strategi Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Istima’ Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Dalam pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengarkan (maharatul istima’), keterampilan membaca (maharatul qira’ah), keterampilan berbicara (maharatul kalam), dan keterampilan menulis (maharatul kitabah). Istima’ merupakan salah satu dari empat keterampilan tersebut di dalam pembelajaran Bahasa Arab, Dalam observasi yang dilakukan peneliti adalah menekankan pada kemampuan istima’, mahasiswa dituntut untuk meniru apa yang didengar dan mengulang
kembali apa yang telah didengar. Metode ini digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyima’. Namun, dalam pembelajaran istima’ ini, ditemukan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan kembali apa yang mereka dengar jika pengulangan istima’ hanya dilakukan satu kali, karena mahasiswa belum memiliki keterampilan mendengarkan yang cukup kuat untuk memahami dengan baik, Selain itu tidak ada kebiasaan sebelumnya. Oleh karena itu, diperlukan fokus dan energi tambahan dalam meningkatkan keterampilan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengalaman selama mengajar), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam maharah istima’, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah pertama, mendengarkan dengan teliti; kedua, melakukan praktik meniru; ketiga, menggunakan materi audio dan visual; keempat, berlatih berbicara; dan kelima, berpartisipasi dalam diskusi.
edit_page
 
        					    Untuk membaca file lengkap dari naskah ini, Silahkan Login. 
    					    
