ANALISIS EFEKTIVITAS METODE PENDIDIKAN YANG DI TERAPKAN OLEH GURU DALAM MENARIK MINAT BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Setiap pendidikan memerlukan unsur-unsur pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran, salah satunya adalah peran guru. Guru memiliki peran penting dalam membentuk minat dan semangat belajar siswa. Seorang guru yang kreatif dituntut memiliki kepekaan, inisiatif, serta kemampuan menciptakan metode baru dalam mengajar, disertai sikap kepemimpinan dan tanggung jawab yang tinggi sebagai pendidik. Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan guru dalam menarik minat belajar siswa serta menganalisis efektivitas guru dalam mengembangkan sumber belajar di SD Negeri Buket Metuah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan penggunaan sumber belajar yang tepat sangat berpengaruh terhadap peningkatan minat dan prestasi belajar siswa. Keterampilan mengajar guru, yang didukung oleh penerapan prinsip-prinsip dasar pembelajaran, terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, profesional, dan efektif. Dengan demikian, peran guru sebagai fasilitator sangat menentukan tercapainya proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, pendekatan kontekstual, dan media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Guru yang mampu menyesuaikan metode dengan karakteristik siswa cenderung lebih berhasil dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi juga peningkatan partisipasi siswa dalam kelas, antusiasme saat pembelajaran berlangsung, dan umpan balik siswa terhadap metode yang digunakan guru.
edit_page
 
        					    Untuk membaca file lengkap dari naskah ini, Silahkan Login. 
    					    
