Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Durratun Nashihin Lhoksukon Aceh Utara
Tulisan ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Durratun Nashihin Lhoksukon Aceh Utara. Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Durratun Nashihin Lhoksukon Aceh Utara? (2) Apa problematika yang di hadapi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Durratun Nashihin Lhoksukon Aceh Utara? Permasalahan terebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TK Durratun Nashihin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di TK Durratun Nashihin. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di TK Durratun Nashihin yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain guru belum sepenuhnya paham cara mengajar sesuai kurikulum, kurangnya alat bermain dan belajar, serta masih kurangnya peran orang tua dalam mendukung pembelajaran anak di rumah. Selain itu, penilaian perkembangan anak lebih banyak fokus pada kemampuan berpikir, dan belum sepenuhnya memperhatikan perkembangan sosial, emosi, dan motorik anak. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik antara guru, orang tua, dan pihak sekolah agar kurikulum PAUD bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan anak.
edit_page
 
        					    Untuk membaca file lengkap dari naskah ini, Silahkan Login. 
    					    
