Peran Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Manajemen madrasah harus mampu meningkatkan mutu pendidikan agar efektifitasnya bisa meningkat dan dipandang baik dan mempunyai kualitas yang baik, adapun upaya peningkatan mutu pendidikan memang belum banyak dilakukan, beberapa pihak ada yang meragukan keefektifitasan madrasah. Rumusan masalahnya: Bagaimana peran manajemen madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Pidie dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran manajemen madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Pidie. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research di MAN 1 Pidie. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data lapangan, ditemukan peran manajemen madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Pidie sebagai berikut: tersedianya sarana prasarana, kurikulum yang relevan, dan lingkungan belajar yang kondusif. Pengorganisasian dilakukan dengan membuat struktur organisasi, personalia pendukung, pembagian tugas, membuat roster pelajaran,dan perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap personil madrasah dalam mencapai tujuan pendidikan. Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan terdahulu. Koordinasi yang dilakukan kepala madrasah adalah dengan memberikan segala tugas-tugas yang sudah direncanakan kepada guru yang dianggap mampu, guru yang dianggap mampu adalah guru yang memiliki kualifikasi pendidikan mengajar sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimilikinya. Adapun faktor pendukung yaitu menggunakan strategi pembelajaran aktif,inovatif,kreatif,efektif dan menyenangkan sebagai strategi pembelajaran di madrasah, sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan dana untuk pengembangan fasilitas yang lebih modern.
edit_page
 
        					    Untuk membaca file lengkap dari naskah ini, Silahkan Login. 
    					    
