STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI IRHAMNA Pada Dayah Rahmatul Huda Ds. Pante Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara

STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI IRHAMNA Pada Dayah Rahmatul Huda Ds. Pante Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara
Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia (UNISAI)
2025
23-02-2025
Indonesia
Samalanga
Skripsi
Fakultas Dakwakh dan Komunikasi
Program Studi KPI
-
Ya

Ikatan Persaudaraan Rahmatul Huda Mubarakah Almunawarah (IRHAMNA) di Dayah Rahmatul Huda di dirikan pada tanggal 01 Januari 2024 di Ds. Pante Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Organisasi ini terinspirasi dengan adanya Majelis ta’lim sirul mubtadiin, majelis ta’lim tersebut bertujuan untuk membina dan mengembangkan pemahaman keagamaan, sedangkan organisasi (IRHAMNA) ini dibentuk dengan tujuan untuk bergerak di bidang sosial dan keagamaan sesama masyarakat desa Pante yang pada saat itu masih minim.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi Ikatan Persaudaraan Mubarakah Almunawarah (IRHAMNA) di Desa Pante Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, meliputi strategi komunikasi, serta kekurangan dan kelebihan strategi komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan oleh organisasi (IRHAMNA) telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Ds. Pante seperti meningkatnya pemahaman dan praktik keaagamaan masyarakat, terutama dalam hal ibadah, akhlak, dan muamalah, Terbentuknya solidaritas dan kepedulian sosial yang semakin kuat diantara warga desa, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan –kegiatan keagamaan dan sosial di Ds. Pante, terciptanya sinergi yang baik antara organisasi dan pemerintah desa dalam upaya bergeraknya sosial dan keagamaan. Kelebihan dari organisasi adalah partisipasi masyartakat dan saling membantu anggota ketika musibah, kekurangan dari organisasi itu sendiri adalah anggota kurang disiplin, kurang tempat lokasi dan alat tranpostasi, Strategi komunikasi (IRHAMNA) juga didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, seperti media sosial dan aplikasi pesan instan. Selain itu, (IRHAMNA) juga melakukan evaluasi dan monitoring terhadap strategi komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi organisasi lain yang ingin meningkatkan efektivitas komunikasi dengan mitra kerja atau stakeholder lainnya.

edit_page


Untuk membaca file lengkap dari naskah ini, Silahkan Login.